238view

Evaluasi Penyusunan RAPBDes 2021

PMD BANGKEP - Tim Evaluasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (PMD),bersama tenaga ahli (TA) dan tenaga infrastuktur Desa Banggai Kepulauan (Bangkep) melakukan kegiatan evaluasi penyusunan RAPBDes tahun 2021.

Di singkronkan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMdes), Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPdes) dan APBDes apakah sudah sesuai, apa belum, Urai Yamin Selaku TA Kabupaten Bangkep.

“Jangan sampai Ketika ada timbul, usulan-usulan siluman yang tidak ada di RPJMDes , yang nonggol di APBDes,” terang Yamin.

Lebih lanjut Kadis DPMD Bangkep Rahmad Labou memaparkan, RAPBdes ini secepatnya di ajukan “Kami Tim Dinas PMD, evaluasi untuk menyesuaikan antara RPJMdes, RKPdes dan APBDes nya.” paparnya.

Selanjutnya, Rahmad Labou meninggatkan, Syarat untuk pencairan DD tersebut sudah memiliki APBdes, sementara kita ini lagi mengevaluasi untuk menjadikan RAPBdes

Setelah RAPBdes jadi akan dijadikan APBDes, maka ini yang akan di jadikan modal untuk pencarian nanti, disertai dengan proposal pengajuan,” paparnya.

“Dari yang kami lakukan pagi sampai malam hari hari, Alhamdulillah baik, setiap Desa mengambil kegiatan semuanya dari RPJM, nggak ada yang tahu tahu nonggol kegiatannya. Jadi, apa yang di LKP itu di RPJM ada. Intinya kita melihat sinkronisasi masih tetap dalam jalurnya kegiatan-kegiatan yang ada intinya itu kalau dari Bapeda,” ujar Kadis.

“Harapan kami dengan selesainya penyusunan RAPBdes ini secepatnya di cairkan DD, agar supaya bisa segera melakukan pembangunan di desa masing masing,” harapnya. (DPMD Bangkep).



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook